paamg

Berita Terkini

Ditulis oleh Super User on . Dilihat: 50

Foto 1r

Ketua PA Amurang selaku Top Manajemen Menyampaikan Arahan dalam RTM

Amurang, Senin, 06 Januari 2020. Memulai awal tahun 2020 ini, seluruh Aparatur Pengadilan Agama Amurang menyamakan persepsi dan menguatkan tekad untuk mengoptimalkan pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) dan ingin meraih nilai “”A-Exellent” pada saat pelaksanaan Surveillance APM Tahun 2020 ini. Oleh karena itu, melaui Surat Undangan Nomor W18-A6/39.f/HM/01.1/1/2020 tanggal 06 Januari 2020 Aparatur Pengadilan Agama Amurang melaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) perdana di Tahun 2020 pada hari Senin, 06 Januari 2020 di ruang Rapat Utama Pimpinan PA Amurang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Amurang, mulai dari Pimpinan, Hakim, Panitera, Sekretaris, para Pejabat Struktural dan Funsgional serta Honorer yang ada di Pengadilan Agama Amurang. Setelah kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris PA Amurang (Sri Puspa Dewi Pulkadang, S.H.), Ketua PA Amurang (Nur Amin, S.Ag., M.H.) dalam awal kegiatan tersebut menyampaikan arahan agar seluruh aparatur PA Amurang harus kembali berbenah dan bekerja sama agar pelaksanaan dan capaian APM Tahun 2020 ini Pengadilan Agama Amurang mencapat nilai A-Exelent. Hal itu tidak lain bertujuan agar pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dapat dilakukan dengan masksimal dan seluruh pelanggan (masyarakat pencari keadilan) yang datang ke Pengadilan Agama Amurang mendapatkan kepuasan.

 

Foto 2r

Wakil Ketua PA Amurang selaku Ketua APM Mempimpin RTM

Setelah Ketua Pengadilan Agama Amurang menyampaikan arahan, kemudian Ketua Tim Penjaminan Mutu (Dr. Muh. Nasikhin, S.HI, M.H.) memimpin jalannya Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Periode Tahun 2020 ini. Dr. Muh. Nasikhin, S.HI, M.H., menjelaskan kepada seluruh peserta bahwa agenda yang dibahas dalam RTM ini adalah: 1) Status tindakan dari Tinjauan Manajemen (RTM) pada tahun 2019, 2) Monitoring atas perubahan isu internal dan eksternal (Analisis SWOT) tahun 2020, 3) Monitoring informasi kinerja dan efektifitas sistem manajemen mutu, 4) Monitoring kecukupan Sumber Daya tahun 2020, 5) Monitoring dan tindak lanjut risiko dan pencapaian peluang, dan 5) Peluang peningkatan/saran. Kelima item kegiatan yang dilakukan monitorng tersebut selanjutnya dibahas secara runtut dalam RTM tersebut dengan dipimpin dan dipandu oleh Wakil Ketua PA Amurang.

 

foto 3r

Panitera dan Sekretatis Secara Bergantian Memaparkan Hasil Monitoring Kinerja Bagiannya

Selain dibahas mengenai agenda pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat, agenda penyusunan eviden persiapan surveillance 2020, pelaksanaan asessmen internal, dan lain-lain. Melalui RTM ini, Panitera dan Sekretaris secara bergantian juga memaparkan hasil Monitoring dan Evaluasi capaian kinerja bidang layanannya masing-masing selama tahun 2019 beserta kedala, risiko dan pemecahannya. Panitera (Muhammad Mukhtar Luthfi, S.Ag.) menyampaikan bahwa dibagian layanan kepaniteraan selama ini kendala dan risiko yang dialami paling dominan adalah adanya pemenuhan data dan laporan yang sifatnya insidental dan mendadak, baik dari PTA Manado maupun dari Dirjen Badilag MA RI, kendala optimalisasi pengisian dan pencetakan register-register keperkaraan yang mengalami hambatan karena adanya pemindahan server lama ke server baru yang ternyata belum seluruh aplikasi keperkaraan dipindahkan. Muhammad Mukhtar Luthfi, S.Ag. menyampaikan bahwa target penyelesaian kendala dan risiko bidang kepaniteraan tersebut adalah pada akhir bulan Februari 2020.

Sama halnya dengan bagian kepaniteraan, Sekretaris PA Amurang (Sri Puspa Dewi Pulukadang, S.H.) juga menyampaikan berbagai kendala dan risiko pencapaian kinerja bidang kesekretariatan tahun 2019 yang dihadapi. Menurutnya kendala dan risiko yang paling dominan dialami bagian kesekretariatan adalah adanya ketidaktahuan aparatur Pengadilan Agama dalam meyusun SKP dan memberikan penilaian akhir tahun, adanya kekosongan jabatan struktural Kasubag Keuangan dan Umum yang relative lama dan juga sering muculnya program-program yang harus segera dilaksanakan tanpa disertai perencanaan pendanaan dalam DIPA. Terhadap seluruh kendala dan risiko yang dialami tersebut, Sekretaris PA Amurang selaku penanggung jawab/atasa langsung bidang kesekretariatan mentargetkan penyelesaiannya paling lambat akhir Maret 2020.

foto 4r

Peserta Rapat Tinjauan Manajemen Tahun 2020

Setelah seluruh agenda rapat dibahas, Ketua APM (Dr. Muh. Nasikhin, S.HI, M.H.) menyampaikan pesan penyemangat kepada seluruh aparatur PA Amurang untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan dan kinerja di bidang layanan yang menjadi tugas pokoknya masing-masing. Baik bagi aparatur yang bertugas di bagian layanan kepaniteraan maupun yang bertugas di bagian layanan kesekretariatan. Seluruh aparatur PA Amurang bersama-sama bertekad untuk meningkatkan kinerja demi terwujudnya nilai A-Exellent untuk pelaksanaan asessmen surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu Tahun 2020 ini.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Amurang

Jalan Trans Sulawesi, Lopana, Amurang

Kabupaten Minahasa Selatan,

Sulawesi Utara. 95954

Telp : (0430) 21407 / Fax : (0430) 21287

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

Copyright © 2017. Designed by Tim-IT Pengadilan Agama Amurang

 

w3c wai AAA  w3c html 5