paamg

Berita Terkini

Ditulis oleh Super User on . Dilihat: 85

TERAPKAN COMMAND CENTRE, PENGADILAN AGAMA AMURANG IKUTI KEGIATAN EVALUASI DAN UJICOBA 9 APLIKASI INOVASI BADILAG MA RI MELALUI TELECONFERENCE DENGAN PENGADILAN TINGGI AGAMA MANADO DAN PENGADILAN AGAMA SE WILAYAH PTA MANADO

WhatsApp Image 2019 11 22 at 16.27.5301

Pimpinan dan Aparatur PA Amurang Ikuti Kegiatan Teleconference

Amurang (22/11/19)Pengadilan Tinggi Agama Manado guna mewujudkan dan mengoptimalkan implementasi 9 aplikasi unggulan Dirjen Badilag MA RI di wilayah hukumnya melaksanakan kegiatan Evaluasi dan Ujicoba 9 Aplikasi Inovasi Badilag MA RI melalui Teleconference dengan 10 (sepuluh) Pengadilan Agama yang ada di Wilayah hukum PTA Manado, termasuk Pengadilan Agama Amurang. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 22 Nopember 2019 tepat pukul 09.00 WITA s/d 10.30 WITA. Seluruh Aparatur di Pengadilan Agama Amurang mulai dari Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris, para Pejabat dan Pegawai baik di bagian Kepaniteraan dan Kesekretariatan, maupun para honorer Pengadilan Agama Amurang juga turut berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan teleconference tersebut.

WhatsApp Image 2019 11 22 at 16.28.4402

KPTA Manado Melakukan Wawancara dengan Pimpinan PA se-Wilayah PTA Manado

Teleconference dalam rangka evaluasi implementasi 9 aplikasi tersebut dipimpin langsung oleh Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado (H. Cholidul Azhar, S.H., M.Hum.) dengan didampingi oleh Bapak Wakil Ketua PTA Manado (Dr. Drs. H. Mame Sadafal, M.H.) dan Bapak Hakim Tinggi PTA Manado (Dr. H. Suhadak, S.H., M.H.). Ikut hadir dalam kegitan tersebut seluruh Hakim Tinggi Panitera, Sekretaris, dan para Pejabat Struktural/Fungsional serta seluruh Pegawai PTA Manado. Pada saat pelaksanaan evaluasi tersebut, YM Bapak H. Cholidul Azhar, S.H., M.Hum. menyapa dan menanyakan langsung satu persatu kepada seluruh Pimpinan Pengadilan Agama di Wilayah PTA Manado terkait dengan kesiapan dan implementasi 9 aplikasi Dirjen Badilag MA RI disatuan kerjanya masing-masing. Kesembilan aplikasi tersebut adalah aplikasi antrian sidang, notifikasi perkara, informasi produk perkara, basis data kemiskinan, e-register, e-keuangan, aplikasi PNBP, e-eksaminasi dan Command Center.

WhatsApp Image 2019 11 22 at 16.29.174

Ketua PA Amurang Menyampaikan Implementasi Aplikasi Notifikasi Perkara

Selain menanyakan instalasi dan penerapan 9 aplikasi tersebut, melalui sesi wawancara evaluasi tersebut setiap Pengadilan Agama mendapat pertanyaan dari KPTA Manado untuk menerangkan implementasi (penerapan) dari salah satu dari 9 aplikasi inovasi tersebut. PA Amurang yang diwakili oleh Ketua PA Amurang (Nur Amin, S.Ag., M.H.) dalam kesempatan teleconference ini menyampaikan penjelasan terkait dengan implementasi aplikasi notifikasi perkara melalui A.C.O Integrated System Information. Beliau menyampaikan bahwa sejak 1 November 2019 PA Amurang telah memberikan informasi dan menerapkan aplikasi tersebut kepada para pihak yang berperkara, sehingga para pihak yang mendapatkan informasi melalui aplikasi tersebut merasa terbantu dan diberikan kemudahan layanan oleh PA Amurang.

Selain memaparkan penerapan 9 aplikasi unggulan tersebut, setiap PA juga diberi kesempatan untuk menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan kesembilan aplikasi tersebut di PA-nya masing-masing dan rata-rata setiap PA masih mengalami kendala terhadap implementasi aplikasi antrian sidang online dan aplikasi ferifikasi data kemiskinan. Oleh karena itu, melalui sesi tersebut Bapak KPTA Manado berpesan agar kendala-kendala tersebut disampaikan dan dikoordinasikan lebih lanjut kepada TIM IT PTA Manado dan TIM IT Badilag MA RI agar segera dapat dicarikan solusi dan pemecahannya.

WhatsApp Image 2019 11 22 at 16.29.1703

Pembinaan KPTA dan Waka PTA Manado

Selain melakukan evaluasi 9 aplikasi, dalam kesempatan ini Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado juga melakukan pembinaan. Wakil Ketua PTA Manado (Dr. Drs. H. Mame Sadafal, M.H.) dalam sesi pembinaan menyampaikan bahwa guna mensukseskan penerapan 9 aplikasi unggulan Badilag MA RI ini, maka setiap Pimpinan PA di Wilayah PTA Manado harus menunjuk Petugas Pelaksana 9 aplikasi ini dan juga Petugas Pemberian Layanan yang benar-benar mempunyai SDM unggul dan berintegritas tinggi, misalnya menunjuk Petugas Pemberi Layanan Pojok e-Court yang menyatu dengan Meja PTSP. Melalui pembinaan tersebut KPTA Manado (H. Cholidul Azhar, S.H., M.Hum.) menginstruksikan agar dalam periode paling lambat bulan Desember 2019 ini seluruh Pengadilan Agama yang ada di wilayah PTA Manado sudah menerima pendaftaran perkara dengan aplikasi e-Court.

WhatsApp Image 2019 11 22 at 16.41.105

Sesi Tanya Jawab Peserta dengan KPTA Manado

Kegiatan teleconference perdana ini diakhiri dengan sesi Tanya jawab oleh seluruh Pengadilan Agama di Wilayah PTA Manado kepada KPTA Manado. Berbagai saran dan pertanyaan banyak disampaikan oleh peserta, termasuk dari PA Amurang. Melalui sesi tanyajawab ini Wakil Ketua PA Amurang (Dr. Muh. Nasikhin, S.HI., M.H.) menyampaikan saran agar program Command Center melalui teleconference ini dapat dijadikan wadah dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi dan Evaluasi secara formal dan stimulan (berkesinambungan) di wilayah PTA Manado. Masukan ini juga sejalan dengan saran yang diampaikan oleh Ketua PA Manado dan Pimpinan Pengadilan Agama lainnya. Atas saran tersebut KPTA Manado menyampaikan bahwa PTA Manado akan mempertimbangkan lebih lanjut, bahkan Beliau menyampaikan apabila disetujui pelaksanaan Diskusi Hukum di Wilayah PTA Manado juga akan dilakukan melalui teleconference semacam ini.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Amurang

Jalan Trans Sulawesi, Lopana, Amurang

Kabupaten Minahasa Selatan,

Sulawesi Utara. 95954

Telp : (0430) 21407 / Fax : (0430) 21287

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

Copyright © 2017. Designed by Tim-IT Pengadilan Agama Amurang

 

w3c wai AAA  w3c html 5