RAPAT PEMBINAAN DAN PENDAMPINGAN SAPM OLEH TIM PTA MANADO DI PENGADILAN AGAMA AMURANG

RAPAT PEMBINAAN DAN PENDAMPINGAN SAPM OLEH TIM PTA MANADO DI PENGADILAN AGAMA AMURANG

 

Rabu (18/04/2018) Pengadilan Agama Amurang menggelar rapat yang bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Amurang dengan agenda pembinaan dan pendampingan untuk persiapan mengikuti Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM).

Rapat pembinaan dan pendampingan SAPM di Pengadilan Agama Amurang dihadiri oleh Tim Pendamping SAPM dri PTA Manado yaitu Sekretaris PTA Manado H. Samsul Muhana, S.Ag, SH, M.HI, Wakil Panitera PTA Manado Drs. Azil Makatita, dan Staf Sub bagian rencana program dan anggaran PTA Manado Rahmat Bilfagih S.HI. dari jajaran PA Amurang hadir Ketua PA Amurang Hj. Hidayani Paddengngeng, Lc, MH, Wakil Ketua Nur Amin, S.Ag, MH, Para Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, serta seluruh Pegawai Pengadilan Agama Amurang

IMG_20180418_100713_1.jpg

Rapat dipimpin langsung oleh Sekretaris PTA Manado H. Samsul Muhana, S.Ag, SH, M.HI

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris PTA Manado H. Samsul Muhana, S.Ag, SH, M.HI. Dalam rapat beliau memberikan arahan bahwa yang paling penting untuk mensukseskan SAPM hingga meraih nilai A Excellent di Pengadilan Agama Amurang adalah adanya komitmen, kerja sama, kekompakan, dan sikap saling mendukung antara para pegawai baik itu dengan pimpinan maupun dengan pegawai lainnya. Semangat untuk mewujudkan SAPM di PA Amurang harus selalu dipupuk setiap hari “rencanakan apa yang akan kalian kerjakan, dan kerjakan apa yang kalian telah rencanakan” imbuhnya. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa penilaian tahun ini berbeda dengan jilid pertama. Seperti contoh jika ada pertanyaan tentang ada atau tidaknya alat pemadam kebakaran? Maka untuk mendapatkan nilai 10 tidak hanya dengan tersedia alat pemadam kebakaran saja, tetapi juga harus ada penanggung jawabnya, simulasi, dokumentasi simulasi dan arah evaluasi. SAPM jilid kedua ini terbagi 3 bagian yaitu bagian Pj Manajemen dengan bobot nilai 40%, Pj Kesekretariatan dengan bobot nilai 30%, dan Pj Kepaniteraan dengan bobot nilai 30%. Saat ini beberapa Pengadilan Agama di Sulawesi Utara sedang berjuang dan mempersiapkan diri untuk memperoleh akreditasi tahap kedua. Pada tahap pertama beberapa Pengadilan Agama di Sulawesi Utara telah meraih sertifikasi Akreditasi dengan nilai A Excellent.