Berita Terkini

PTA Sulut, Laksanakan Upacara peringati Hari Ibu

22 Des

HI1.JPG

Dalam rangka memperingati Hari Ibu Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi melaksanakan upacara, Peringatan Hari Ibu setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, yang telah berjuang bersama-sama kaum lelaki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Kegiatan upacara dilaksanakan tepat pada Pukul 08.00 Wita, di lapangan tenis PTA Sulut dan dihadiri oleh Seluruh Pegawai baik Pejabat Struktural dan Fungsional serta Tenaga Honorer PTA Sulut.

HI2.JPGHI3.JPG

Hakim Tinggi PTA Sulut Drs. Saefullah Ank, SH bertindak sebagai Pembina upacara dalam sambutannya mengajak peran aktif perempuan untuk maju terus, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya, sehingga bersama laki-laki menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga, masyarakat dan Bangsa. (Idris Hz)

HI5.JPGHI4.JPG

Ketua PTA Sulut melantik Wakil Ketua yang baru.

20 Des

pel1.JPGpel2.JPG

Senin, 18 Desember 2017, Berdasarkan surat keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 190/KMA/SK/X/2017 tanggal 30 Oktober 2017, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara Dr. H. M. Jamil Ibrahim, SH., MH., MM Melantik Drs. H. Izzuddin H. M, SH., MH sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara.

Acara pelantikan ini dilaksanakan di Ruang Sidang Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara, para tamu undangan yang hadir dalam acara pelantikan tersebut adalah Seluruh Pejabat dan Pegawai PTA Sulut, serta Ketua, Wakil Ketua, Panitera, dan Sekretaris PA Sewilayah PTA Sulut, serta tamu undangan dari Hakim Tinggi PTA Banjarmasin, Kementrian Agama Provinsi Sulut, dan Rektor IAIN Manado.

pel3.JPGpel4.JPG

Pria Kelahiran Sumbawa Besar 12-06-1958 ini memulai karirnya sebagai Hakim pada tahun 1992 di Pengadilan Agama Praya, dan sebagai Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Agama Kendari tahun 2010.

Secara singkat beliau memperkenalkan keluarga beliau dengan seorang istri dan 4 orang anak, dan sudah memiliki 3 orang cucu. Salah satu anak beliau bekerja juga sebagai hakim, dan anak yang paling bungsu baru saja menyelesaikan kuliah SI nya, dan sekarang bekerja di Kementrian Agama. “Tutur beliau dalam perkenalan singkat”

Beliau juga menyampaikan dan menegaskan bahwa dirinya akan secara penuh siap atas tanggung jawab tugas yang diberikan pimpinan.

Dalam sambutan dan pengarahan dari Ketua PTA Sulut dalam hal ini Bapak Dr. H. Jamil Ibrahim, SH., MH., MM, menyampaikan pentingya untuk bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas.

acara berlangsung secara hikmat, dan ditutup dengan doa serta foto bersama. (Idris Hz)

pel5.JPGpel6.JPG

pel7.JPGpel8.JPG

PTA Sulut gelar upacara peringati Hari Pahlawan

10 Nov

 

HP.JPGHP1.JPG

 

Setiap tanggal 10 November, kita seluruh Bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan, mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan yang mereka lakukan, sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di Bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur. Teks amanat diantara isi dari Menteri Sosial RI yang dibacakan oleh Ketua Pengadilan Agama Sulawesi Utara, Dr. H. M. Jamil Ibrahim, SH., MH., MM, pada upacara memperingati Hari Pahlawan.

HP3.JPGHP7.JPGHP4.JPG

Upacara yang dilaksakan di lapangan tenis PTA Sulut yang dikondisikan sedemikian untuk dilaksanakan upacara tersebut. Sehingga semua berjalan berjalan dengan kondisi pengibaran bendera. Ketua PTA Sulut bertindak langsung sebagai Inspektur Upacacara, dan Pemimpin Upacara oleh bapak Sopan Palamani, ST.

Dalam kegiatan tersebut diisi oleh perangkat upacara yang terdiri dari, Rahmat Bilfagih, S.HI bertindak sebagai Pengarah Upacara, Dedi Irawan Moningka, S.Kom sebagai pembawa pesan-pesan pahlawan, Silvana Djunaidi, SE sebagai pembaca UUD 1945, penggerek upacara Herman Pomalango, Purwanto, dan Fajria Ma’ruf, Amd. dan Azil Makatita sebagai pembawa Doa, . Dan seluruh peserta upacara dari seluruh pegawai PTA Sulut dan PA Manado.

HP8.JPGHP5.JPGHP6.JPG

Acara tersebut berlangsung lancar dan penuh hikmat, pada bagian acara hening cipta, yang dimaknai sebagai panjat syukur kepada para pahlawan yang telah mendahului kita, dan mengenang jasanya. (IdrisHz)

PTA Sulut, melaksanakan Perpisahan dan pengatar Alih Tugas Drs. Sukiman BP, SH., MH

18 Des

perp1.JPGperp2.JPG

Rabu, 13 Desember 2017, Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara melaksanakan Perpisahan dan pengantar alih tugas Drs. Sukiman BP, SH., MH yang mendapatkan promosi jabatan menjadi Wakil Ketua di Pengadilan Tinggi Agama Banten. Acara ini dilaksanakan di Aula Pengadilan Tinggi Agama Sulut.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua, Hakim Tinggi, Pejabat Struktural dan Fungsional, serta Pegawai dan Tenaga Kontrak PTA Sulut. Dan juga turut diundang Ketua Pengadilan Agama Manado, Bitung dan Tondano.

perp3.JPGperp4.JPG

Meskipun beliau bertugas di PTA Sulut sudah 5 bulan, hanya saja, selebihnya beliau menguraikan, Memang saya katanya belum bekerja secara penuh karena mengikuti panggilan haji, kecuali sekedar memahami kondisi PTA Sulut yang secara umum sudah baik kecuali ada beberapa hal yang perlu diselesaikan

Ditemani oleh istri pak Sukiman dalam sambutannya beliau juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan yang disengaja ataupun tidak disengaja selama bergaul, beraktivitas di PTA Sulut. Meskipun belum bekerja secara penuh selama ini karena cuti alasan penting.

perp5.JPGperp7.JPG

Dalam Sambutan Dr. H. M. Jamil Ibrahim, SH., MH., MM menyampaikan bahwa beliau dipromosikan ketempat baru ucapkan selamat atas promosi jabatannya menjadi Wakil Ketua PTA Banten, serta mungkin bisa kerja lebih lagi di PTA Sulut nantinya sebagai Ketua..

Acara berlangsung dengan khidmat dan penuh kekeluargaan, acara ditutup dengan Doa yang dibawakan oleh Drs. H. M. Nadir Makka, SH., MH. Hakim Tinggi PTA Sulut. Dan dilanjutkan dengan pemberian cenderamata serta foto bersama.

perp9.JPGperp8.JPG

PENGABDIAN SANG HAKIM

31 Okt

PSH1.JPG

Senin, 30 Oktober 2017. Bertempat di Ruang Sidang  Kantor Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara, melaksanakan Upacara Wisuda Purnabakti Drs. H. Sofyan Lahilote, SH.

Dalam Kegiatan tersebut hadir Ketua Pengadilan Agama, Panitera, dan Sekretaris sewilayah di wilayah PTA Sulut. Dan turut diundang juga Pejabat dan Tokoh Masyarakat di Sulawesi Utara, para kolega dan keluarga Aba Sofyan (panggilan akrab sehari-hari).

Ketua PTA Sulut DR. H. M. Jamil Ibrahim mewisuda dan melepas Drs. H. Sofyan Lahilote, SH, dengan disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya selama memangku jabatan tersebut. ‘kutipan dalam naskah wisuda purnabakti’.

PSH2.JPG  PSH3.JPG  PSH4.JPG

Terangkat sebagai CPNS di tahun 1973 dan menyelesaikan pengabdiannya di tahun 2017 di umur yang sudah memasuki masa pensiun 67 tahun, beliau mengabdikan dirinya sebagai Abdi Negara menjadi Pegawai Negeri Sipil selama 44 tahun 5 bulan secara terus menerus tanpa cacat dan 30 tahun 5 bulan diantaranya dalam jabatan Hakim dilingkungan Peradilan Agama. Selain Sebagai Hakim beliau juga pernah menjadi guru, dan aktif di beberapa organisasi social masyarakat.

Dalam Pesan dan Kesan beliau menyampaikan berbanggalah mengabdi di Peradilan Agama, lembaga terhormat sebagai pengawal garda depan pengawal keadilan. Beliau bercerita sedikit tentang pengalamannya selama menjadi CPNS hingga hari ini, dengan penuh humor hingga acara berlangsung sangat sarat kekeluargaan.

PSH6.JPG  PSH7.JPG

Dalam Sambutan Ketua PTA Sulut menyampaikan Rasa Syukur dan Ucapan Terima Kasih kami diucapkan kepada beliau selama mengabdikan diri sebagai Hakim. Ada 2 hal turut terharu sehingga menangis karena syukur selamat dari dosa-dosa karena hakim adalah berat terhadap ancaman sejarah karirnya tidak berbuat pelanggaran-pelanggaran.

Dan dalam kesempatan ini juga Ketua PTA Sulut mengingatkan kembali kepada kita sebagai Aparatur Negeri Sipil dan Pejabat Negara untuk menjaga Integritas dan komitmen kerja kita.

PSH8.JPG  PSH10.JPG

Acara Pelantikan berlangsung dengan penuh khidmat dan ditutup dengan Doa oleh Bapak Risyam Kamtoko Ketua Pengadilan Agama Bitung. (IdrisHz)