Sample image

At the first glance

T3 Framework. Joomla 3. Bootstrap 3. Responsive. Customizable. Multi-style. Flat and typographic design.

Sample image 2

Purity Series Stories

2007: Purity, default Joomla template.
2009: free Joomla template JA Purity II.
2014: it's Purity III's time to rock.

Jika ada indikasi Pelanggaran Aparat Pengadilan, LAPORKAN, DISINI.

 

 

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

SIWAS ditujukan untuk Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan di bawahnya.

Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia akan merahasiakan identitas diri anda sebagai PELAPOR dan menghargai informasi yang Anda laporkan.

Fokus kami kepada materi informasi yang Anda Laporkan.
Penanganan Whistleblowing tidak melayani pengaduan saudara kaitannya dengan masalah perkara.

Direktori Putusan adalah sistem berbasis situs web yang dimiliki oleh Kepaniteraan Mahkamah Agung untuk mempublikasikan putusan Mahkamah Agung dan seluruh putusan pengadilan dari empat lingkungan peradilan baik tingkat pertama maupun tingkat banding di seluruh Indonesia .

Direktori Putusan diluncurkan oleh Mahkamah Agung pada September 2009. Sejak peluncuran, putusan-putusan yang diputuskan di Mahkamah Agung diunggah di situs ini. Sejak tahun 2011, Kepaniteraan Mahkamah Agung mengembangkan sistem ini lebih lanjut sehingga putusan seluruh pengadilan Indonesia dapat diunggah di direktori ini. Akibatnya, banyak putusan yang diungah di direktori ini bertambah berkali lipat.

Direktori Putusan pertama kali diluncurkan oleh Mahkamah Agung pada acara Rapat Kerja Nasional Mahkamah Agung dengan Jajaran Pengadilan di Seluruh Indonesia di Makassar pada 3 September 2007. Peluncuran Direktori Putusan menandai dimulainya era keterbukaan informasi di pengadilan.

Pada periode 2007-2010, Direktori Putusan hanya memuat putusan Mahkamah Agung. Dalam periode itu tercatat 21.807 putusan telah diunggah sehingga dapat diakses oleh publik melalui Internet. Sejak tahun 2011, Kepaniteraan Mahkamah Agung melakukan pengembangan sistem sehingga tidak hanya putusan Mahkamah Agung yang dapat diunggah di Direktori Putusan, namun juga seluruh putusan pengadilan di seluruh Indonesia. Upaya ini dilakukan berkaitan dengan kebijakan pemanfaatan dokumen elektronik dalam proses pemeriksaan kasasi dan peninjauan kembali. Hal ini mengakibatkan jumlah putusan yang diunggah meningkat berkali lipat dibandingkan dengan periode 2007-2010. Tahun-tahun berikutnya jumlah putusan tersebut terus meningkat seiring dengan tingkat partisipasi pengadilan yang terus bertambah.

Pada tanggal 24 September 2014, jumlah putusan yang terunggah di Direktori Putusan melampaui angka 1 juta. Jumlah putusan yang dipublikasikan di Direktori Putusan Mahkamah Agung oleh Detik.com disebut sebagai rekor dunia. Menurut Pompe, peneliti dari Leiden University, jumlah putusan yang ketika itu baru berjumlah 22.473 putusan adalah lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah putusan yang dipublikasikan oleh Mahkamah Agung Amerika Serikat, Australia, dan Belanda dalam sepuluh tahun. Bahkan jumlah tersebut masih lebih banyak jika dibandingkan dengan putusan Mahkamah Agung Amerika Serikat yang dipublikasikan dalam seratus tahun.

SIPP merupakan aplikasi teknologi berbasis web untuk memberikan semua informasi perkara terkait proses penanganan perkara. Misalnya, pendaftaran perkara, biaya perkara, informasi susunan majelis hakim, nomor perkara, jadwal persidangan, tanggal putusan yang bisa diakses masyarakat kapanpun dan dimanapun dengan mudah, cepat dan murah.
Selain itu, aplikasi SIPP ini difungsikan pimpinan pengadilan memonitor kinerja hakim dan aparatur pengadilan, tertib administrasi sebagai media kerja yang efektif bagi internal pengadilan termasuk pengawasan media.

  1. Ketua
  2. Wakil
  3. Agenda

wakil

}

HARI INI TIDAK ADA AGENDA UNTUK PIMPINAN
next
prev